Sabtu, 10 Mei 2014

Manusia merupakan makhluk hidup ciptaan tuhan yang paling sempurna di bumi ini, meski banyak keterbatasan fisik,seperti ukuran tubuh, kekuatan, kecepatan, dan panca inderanya, bila dibandingkan dengan penghuni bumi lainnya. Mengapa manusia disebut makhluk tuhan yang paling sempurna?  itu disebabkan karena manusia memiliki kemampuan otak yang lebih baik daripada makhluk lain, yang memungkinkannya  lebih mudah untuk beradabtasi dengan lingkungan.


Dengan  kemampuan berpikir dan bernalar, disertai  akal serta nuraninya memungkinkan manusia untuk selalu berbuat yang lebih baik dan bijaksana untuk dirinya maupun lingkungannya, berbeda dengan hewan, hewan juga mempunyai “rasa ingin tahu” akan tetapi tidak berkembang atau disebut “idle curiousity” atau “instinct.” Segala aktivitasnya didorong oleh instink itu dengan tujuan untuk melestarikan hidupnya. Untuk itulah mereka mencari makan, melindungi diri dan berkembang biak.
Ada dua macam perkembangan alam pikiran manusia, yakni perkembangan alam pikiran manusia sejak dilahirkan sampai akhir hayatnya dan perkembangan alam pikiran manusia, sejak zaman purba hingga dewasa ini.
Manusia mempunyai rasa ingin tahu yang berkembang. gabungan dari segala yang mereka dapat dari usahanya mendapatkan jawaban dari keingintahuannya itu merupakan “pengetahuan”-nya. Pengetahuan manusia selalu berkembang. Ia selalu tidak puas dengan fakta tetapi ingin tahu juga tentang “apa,” “bagaimana” dan “mengapa” demikian.
Berlandaskan pada pengetahuan tentang beberapa rahasia alam yang diperolehnya, manusia kemudian berusaha untuk menguasai dan memanfaatkan pengetahuannya untuk memperbaiki kualitas dan pemenuhan kebutuhan hidupnya

Manusia dan makhluk-makhluk lain mempunyai perbedaan. Perbedaan yang terdapat pada manusia adalah memiliki sifat yang unik. Adapun sifat unik manusia adalah sebagai berikut :
a.       Homo Socius
Manusia memiliki kemampuan untuk bersosialisasi terhadap makhluk lainnya, ataupun terhadap lingkungan di sekitarnya.
b.      Homo Languens
Manusia memiliki kemampuan berbahasa. Kemampuan berbahasa ini digunakan untuk berkomunikasi dengan satu sama lainnya.
c.       Homo Sapiens
Manusia memiliki akal pikiran. Akal pikiran manusia ini digunakan untuk membedakan baik dan buruknya suatu hal.
d.      Homo Faber
Manusia memiliki kemampuan untuk membuat dan menghasilkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kebutuhannya ini bisa berupa kebutuhan primer maupun sekunder.
e.      Homo Religius
Manusia harus menyadari adanya kekuasaan dan kekuatan yang besar melebihi kemampuan manusia. Sehingga manusia menyakini dan menyadari adanya sesuatu yang berhubungan dengan ghaib yang dimaksud berkehendak di kemudian hari.
f.        Homo Aestheticus
Manusia memiliki kemampuan untuk menyukai dan mengagumi sesuatu hal yang dianggapnya indah dan pantas untuk dikagumi.
g.       Homo Humanis
Manusia merupakan makhluk sosial, yang artinya manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Manusia memiliki ketergantungan untuk saling membantu satu sama lain. Sehingga mereka dapat menutup kekurangannya
h.      Homo Aeconomicus
Manusia disebut dengan makhluk ekonomi. Disebut demikian karena kehidupan manusia akan terus berkaitan dengan ekonomi. Dengan kita mengerti bidang ekonomi ini maka manusia akan mengerti akan arti sebuah keuntungan dan kerugian.

 SUMBER:
http://chandraboer26.blogspot.com/2013/03/perkembangan-alam-pikiran-manusia.html
http://dinarapr.blogspot.com/2013/03/perkembangan-alam-pikiran-manusia.html

0 komentar :

Posting Komentar